Peran Media Big Book Berbasis Cryptarithm Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran Matematika
Keywords:
Cryptarithm, Big Book, Berpikir Logis, Operasi Hitung, Pembelajaran Matematika SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media Big Book berbasis Cryptarithm dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa kelas 3 pada mata pelajaran Matematika. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung dasar serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bersifat inovatif di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen jenis One Group Pretest dan Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas III di SDN Garatengah. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir logis yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis pretest menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum mampu menyelesaikan soal matematika secara logis dengan rata-rata skor 49,41. Setelah perlakuan, hasil posttest meningkat dengan rata-rata skor 69,41, yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir logis siswa. Selanjutnya, hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media tersebut mampu meberikan konstribusi positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir logis siswa dalam pembelajaran Matematika. Dengan demikian, penggunaan media Big Book berbasis Cryptarithm terbukti membantu siswa dalam memahami konsep Matematika, khususnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis. Media ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat dan menarik bagi guru untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di kelas, terutama di tingkat sekolah dasar.