KONTRIBUSI SHALAT DHUHA DALAM OPTIMALISASI KECERDASAN SPIRITUAL SISWA PADA LINGKUNGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 CIBINGBIN
Kata Kunci:
Shalat Dhuha, Kecerdasan SpiritualAbstrak
Ibadah merupakan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ibadah Dhuha adalah program di bidang pendidikan pada saat diluar jam pelajaran dengan tujuan melakukan pembinaan spiritual pada siswanya disekolah. Melalui kegiatan Shalat Dhuha diharapkan agar siswa mampu mengembangkan Kecerdasan Spiritual, serta potensi kompotensi dan prestasi peserta didik. Kecerdasan Spiritual adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk memahami makna dan tujuan hidup, serta kemampuan untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah hidup dengan bijaksana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan 108 responden siswa SMP Negeri 1 Cibingbin. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana program pelaksanaan shalat dhuha, bagaimanakecerdasan spiritual,serta bagaimana kontribusi shalat Dhuha dalam optimalisasi kecerdasan spiritual siswa SMP Negeri 1 Cibingbin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi shalat dhuha dalam optimalisasi potensi kecerdasan spiritual Siswa SMP Negeri 1 Cibingbin. Hasil penelitian analisis menujukan bahwa terdapat kontribusi signifikan antara pelaksanaan shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual siswa.Hasil uji statistik menunjukan bahwa shalat dhuha berkontribusi terhadap kecerdasan spiritual sebesar 24%, sementara 76% dikontribusi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan shalat dhuha berkontribusi positif terhadap peningkatan kecerdasan spiritual siswa.






