HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 2 KUNINGAN

Penulis

  • Rohidin Penulis
  • Edy Riyadi Penulis
  • Hany Nurmadaniah Penulis

Kata Kunci:

Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 2 Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis korelasi serta regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Kuningan tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 1171 siswa. Teknik yang digunakan dalam menentukan sampel pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 298 siswa SMA Negeri 2 Kuningan dari semua angkatan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Adanya hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar, (2) Adanya hubungan positif antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar, (3) Adanya hubungan positif secara bersama antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data signifikansi masing-masing kecerdasan menunjukkan value 0,000 < 0,05,  yang berarti kedua variabel tersebut berhubungan erat dengan prestasi belajar. Sehingga diketahui koefisien determinasi sebesar 0,957 yang merepresentaiskan bahwa dua kecerdasan tersebut memiliki efek simultan pada prestasi belajar sebesar 95,7 %, membantu siswa menjadi lebih seimbang secara emosional dan spiritual. Penelitian ini menegaskan pentingnya aspek non-kognitif dalam mendukung keberhasilan akademik siswa, khususnya dalam pembelajaran yang sarat dengan nilai seperti Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30