PENGUATAN KELEMBAGAAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH AL-MUNAWAROH  DESA NAGARAKEMBANG KEC. CINGAMBUL KAB. MAJALENGKA

Penulis

Kata Kunci:

Penguatan Kelembagaan MDA, Peningkatan Kualitas pembelajaran MDA

Abstrak

Madrasah Ibtidaiyah Awaliyah merupakan lembaga pendidikan Islam Non Formal memiliki fungsi sebagai fondasi yang penting dalam pembentukan karakter Islami. Eksistensinya sekarang ini kurang diminati oleh masyarakat fenomena ini tampak jelas berkurangnya jumlah peserta didik yang mendaftar, menurunya kehadiran peserta didik pada kelas-kelas dalam kegiatan belajar mengajar. Metode pengabdian ini menggunakan pendekatan participatory Action (PAR) yaitu penelitian tindakan partisipatif yang melibatkan masyarakat yaitu  pengelola, guru dan warga madrasah sebagai subjek aktif dalam seluruh proses kegiatan. Strategi yang digunakan yaitu kolaboratif antara tim pelaksana dengan madrasah, berbasis kebutuhan (need based intervention), fokus  pemberdayaan kelembagaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Teknik yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Strategi yang digunakan yaitu: pendekatan pasrtisifatif, kolaborasi berbasis kebutuhan, capacity building,pendampingan berkelanjutan dan efisiensi dan kontekstualisasi. Langkah dalam kegiatan pengabdian yang dilakukan yaitu mengidentifikasi kondisi kelembagaan dan pembelajaran, menyusun strategi penguatan kelembagaan, meningkatkan kapasitas manajemen lembaga, meningkatkan kualitas proses pembelajaran, memberikan pendampingan implementasi pembelajaran, melaukan evaluasi dan pelaporan kegiatan. Dalam kegiatan pengabdian ini dilaksanakan berkelanjutan dan berkesinambungan untuk meningkatkan lembaga pendidikan Islam dalam pembangunan karakter Islami.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

PENGUATAN KELEMBAGAAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH AL-MUNAWAROH  DESA NAGARAKEMBANG KEC. CINGAMBUL KAB. MAJALENGKA. (2025). Jurnal Ilmiah ATSAR Kuningan, 4(2), 43-49. https://ejurnal.unisa.ac.id/index.php/atsar/article/view/21