PERAN PENGGUNAAN MEDIA ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMAN 1 JALAKSANA

Penulis

  • Uyu Wahyudin Universitas Islam Al-Ihya Kuningan Penulis
  • Alfiyatul Nurul Jannah Universitas Islam Al-Ihya Kuningan Penulis
  • Cecep Nana Nasuha Universitas Islam Al-Ihya Kuningan image/svg+xml Penulis
  • Aik Iksan Anshori Universitas Islam Al-Ihya Kuningan Penulis

Kata Kunci:

Kecerdasan Buatan, Pendidikan Agama Islam, Pemahaman Kontekstual

Abstrak

Penelitian ini menginvestigasi peran media berbasis Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Jalaksana. Menggunakan metode campuran sekuensial eksplanatori, studi ini mengombinasikan kuasi-eksperimen dengan pendekatan kualitatif. Hasil kuantitatif menunjukkan kelompok eksperimen yang menggunakan AI mencapai peningkatan pemahaman (N-gain=0,61) yang signifikan secara statistik (p<0,05) dibandingkan kelompok kontrol (N-gain=0,30). Data kualitatif memperjelas bahwa AI berfungsi sebagai fasilitator konstruksi pengetahuan, menyediakan jalur belajar personal dan perancah dinamis yang mendukung proses kognitif siswa. AI terbukti efektif menggeser pembelajaran dari hafalan menjadi pemahaman kontekstual.

Diterbitkan

2025-07-29

Cara Mengutip

PERAN PENGGUNAAN MEDIA ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMAN 1 JALAKSANA. (2025). Jurnal Ilmiah ATSAR Kuningan, 4(2). https://ejurnal.unisa.ac.id/index.php/atsar/article/view/17