IMPLEMENTASI PARENTING EDUCATION DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN DI PAUD MELATI
Keywords:
Parenting Education, Emosional Anak, Anak Usia Dini, PAUDAbstract
Pendidikan anak usia dini (PAUD) memegang peranan fundamental dalam pembentukan karakter dan kecerdasan emosional anak, khususnya pada usia 4-5 tahun yang merupakan masa emas perkembangan. Namun, observasi menunjukkan adanya tantangan dalam perkembangan sosial emosional anak, seperti kurangnya rasa percaya diri, kesulitan mengelola emosi, dan interaksi sosial yang terbatas, yang seringkali dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program edukasi pengasuhan (parenting education) di PAUD Melati, mengukur kondisi perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun yang orang tuanya mengikuti program tersebut, dan menganalisis pengaruh implementasi parenting education terhadap peningkatan perkembangan sosial emosional anak. Menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif, studi ini melibatkan 6 anak usia 4-5 tahun, 6 orang tua, dan seorang guru di PAUD Melati. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk orang tua mengenai implementasi parenting education dan lembar observasi untuk perkembangan sosial emosional anak, dengan analisis deskriptif menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi parenting education di PAUD Melati berada pada kategori "tinggi" dengan rata-rata 3,20, terutama pada aspek pengetahuan orang tua dan respons terhadap perilaku anak. Meskipun demikian, keterlibatan orang tua dalam program parenting masih dalam kategori "sedang" dengan nilai 2,65. Perkembangan sosial emosional anak di PAUD Melati secara keseluruhan menunjukkan kategori "sangat tinggi" dengan rata-rata 3,40, khususnya dalam pengenalan emosi. Temuan ini menegaskan kontribusi positif parenting education dalam mendukung perkembangan sosial emosional anak, meskipun ada ruang untuk peningkatan partisipasi orang tua.