PERAN PENGGUNAAN MEDIA ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMAN 1 JALAKSANA

Authors

  • Uyu Wahyudin Universitas Islam Al-Ihya Kuningan Author
  • Alfiyatul Nurul Jannah Universitas Islam Al-Ihya Kuningan Author
  • Cecep Nana Nasuha Al-Ihya Islamic University of Kuningan image/svg+xml Author
  • Aik Iksan Anshori Universitas Islam Al-Ihya Kuningan Author

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Pendidikan Agama Islam, Pemahaman Kontekstual

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi peran media berbasis Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Jalaksana. Menggunakan metode campuran sekuensial eksplanatori, studi ini mengombinasikan kuasi-eksperimen dengan pendekatan kualitatif. Hasil kuantitatif menunjukkan kelompok eksperimen yang menggunakan AI mencapai peningkatan pemahaman (N-gain=0,61) yang signifikan secara statistik (p<0,05) dibandingkan kelompok kontrol (N-gain=0,30). Data kualitatif memperjelas bahwa AI berfungsi sebagai fasilitator konstruksi pengetahuan, menyediakan jalur belajar personal dan perancah dinamis yang mendukung proses kognitif siswa. AI terbukti efektif menggeser pembelajaran dari hafalan menjadi pemahaman kontekstual.

Published

2025-07-29

How to Cite

PERAN PENGGUNAAN MEDIA ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMAN 1 JALAKSANA. (2025). Jurnal Ilmiah ATSAR Kuningan, 4(2). https://ejurnal.unisa.ac.id/index.php/atsar/article/view/17